8 Obat Herbal Untuk Sakit Batuk Berdahak Yang Dijamin Ampuh

obat herbal untuk batuk berdahak
obat herbal untuk batuk berdahak

Batuk berdahak adalah salah satu jenis penyakit pada saluran pernafasan yang sangat mengganggu. Gejalanya pun dapat berbeda pada masing-masing orang yang mana tetap harus ditangani jika tidak ingin terganggu olehnya. Meskipun sudah banyak obat-obat untuk mengatasinya, namun ternyata banyak sekali obat herbal batuk berdahak di sekitar kita.

Apalagi obat-obatan dengan herbal lebih baik dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami dan akan mengurangi resiko dari penggunaan obat kimia. Berikut ini adalah beberapa obat herbal batuk berdahak yang akan mudah untuk ditemukan dan dikonsumsi.

1. Jahe Untuk Obat Sakit Batuh Berdahak

Jahe memang dikenal sebagai herbal yang selain digunakan sebagai bumbu pada masakan, tetapi dapat juga untuk digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Kandungan pada jahe dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga banyak yang menggunakannya sebagai makanan pada masa pemulihan.

Jahe dapat juga membantu meredakan batuk berdahak karena kandungan zat anti bakterinya dapat membantu menghilangkan lendir atau dahak yang membandel pada tenggorokan. Untuk mengatasi batuk berdahak dengan jahe adalah membuat air rebusan jahe dan mengkonsumsinya setiap hari sebanyak 3 kali.

2. Madu

Madu memang baik sekali untuk dikonsumsi oleh tubuh. Apalagi madu dihasilkan oleh lebah yang memiliki banyak sekali manfaat yang baik. Orang-orang biasanya menjadikan madu sebagai campuran atau fla pada kue. Namun kandungan anti bakteri pada madu dapat mengatasi lendir atau dahak yang membandel pada tenggorokan.

Untuk menjadikan madu sebagai obat herbal batuk berdahak yakni dengan mengkonsumsinya secara langsung dan rutin. Atau bisa juga dengan memberikan campuran perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Konsumsi minimal tiga kali dalam sehari agar dahak yang membandel dapat segera hilang.

3. Jeruk Nipis

Obat herbal batuk berdahak selanjutnya adalah jeruk nipis yang biasanya digunakan sebagai campuran pada masakan agar memberikan rasa yang segar. Namun kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis dapat meredakan gatal tenggorokan saat batuk dan juga melemaskan saluran pernapasan.

Untuk menjadikan jeruk nipis sebagai obat batuk yakni dengan mengkonsumsinya langsung. Namun banyak orang tidak akan kuat menahan rasa asamnya di lidah sehingga membutuhkan campuran bahan lain yang dapat menetralisir asamnya. Contohnya seperti kecap atau madu dengan begitu rasa asam dari jeruk nipis akan diseimbangkan oleh manis dari kecap atau madu.

4. Air Garam

Untuk mengatasi batuk berdahak ternyata dapat diobati dengan menggunakan bahan yang sangat mudah untuk ditemukan dan murah. Garam yang biasanya ada di dapur sebagai bahan untuk memberikan rasa pada makanan ternyata dapat ampuh mengatasi batuk berdahak.

Cara menjadikan garam sebagai obat herbal batuk berdahak yakni dengan menyampurkan seperempat atau setengah sendok teh garam. Kemudian campurkan dengan 240 ml air dan gunakan air tersebut untuk berkumur. Banyak yang sudah membuktikan bahwa berkumur dengan air garam ampuh untuk mengatasi dahak yang membandel.

5. Daun Sirih

Obat herbal batuk berdahak selanjutnya adalah daun sirih. Kandungan yang terdapat dalam kandungan daun sirih ternyata dapat meredakan batuk berdahak. Banyak sekali kandungan yang dimiliki oleh daun sirih yakni minyak atsiri, kavikol, eugenol, sineol, kariofolen dan masih banyak yang lainnya.

Caranya yakni dengan merebus daun sirih dengan air kemudian meminum air rebusan tersebut secara rutin. Jika merasa air tersebut terlalu pahit bisa ditambahkan dengan madu atau gula batu. Jika rebusan air daun sirih ini dikonsumsi secara rutin maka dahak saat batuk akan mudah berkurang.

6. Nanas

Nanas yang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang paling digemari ini ternyata tidak hanya dapat dikonsumsi tanpa manfaat. Buah nanas memiliki sifat anti radang karena mengandung enzim bromelain. Dengan mengkonsumsi nanas, peradangan pada saluran pernapasan akan mereda.

Cara mengkonsumsi nanas sebagai obat herbal batuk berdahak sangat mudah yakni dengan memakannya langsung atau dijadikan sebagai jus. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, batuk berdahak dan radang yang diderita akan membaik.

7. Minyak Atsiri Atau Essential Oil

Minyak atsiri mengandung banyak sekali kandungan senyawa anti virus dan antibakteri yang dapat meredakan saluran pernapasan yang terganggu. Dengan lancarnya saluran pernapasan maka akan semakin mempermudah dahak yang membandel untuk keluar.

Cara menggunakan minyak atsiri sebagai obat herbal batuk berdahak yakni dengan mengoleskannya pada tenggorokan atau dada. Atau bisa juga dengan melakukan steam dengan menggunakan minyak atsiri.

8. Bawang Putih Mentah

Bawang putih memang umumnya digunakan sebagai bahan memasak, namun siapa sangka ternyata bawang putih sangat baik untuk tubuh. Kandungan yang terdapat dalam bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat mengatasi batuk berdahak.

Cara mengkonsumsi bawang putih mentah sebagai obat herbal batuk berdahak adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung. Atau bisa juga dihaluskan dengan cara di blender dan diminum satu sendok setiap pagi, siang, dan sore secara rutin sebelum memakan apapun.

Itulah 8 jenis obat herbal batuk berdahak yang cukup mudah untuk ditemukan. Pengobatan herbal memang tidak akan terlihat hasilnya secara instan, namun penyembuhannya pasti akan terlihat setelah dikonsumsi beberapa waktu.

 

Baca Juga Informasi Lain Tentang Obat Herbal

Rekomendasi Obat Herbal Gigi Berlubang Yang Ampuh

Cara Menggunakan Bawang Merah Sebagai Obat Herbal Abses

 

 

2 thoughts on “8 Obat Herbal Untuk Sakit Batuk Berdahak Yang Dijamin Ampuh”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *